You cannot copy content of this page

Cara Merawat Rambut agar Kuat dan Indah

Menjaga rambut sebenarnya merupakan hal yang mudah jika anda mengetahui cara merawat rambut yang baik. Rambut berbahan dasar protein, menjaga kesehatan dan kebersihan adalah hal penting dalam menjaga keindahan setiap helai rambut.

Kemudian, belajar cara yang sehat untuk mengeringkan dan mengatur gaya rambut. Terakhir, ikuti gaya hidup sehat untuk membantu menjaga kesehatan rambut.

cara merawat rambut
images source: https://www.femina.cz

Cara Mencuci Rambut yang Benar

1. Cuci rambut dengan hati-hati dan gunakan shampoo berkualitas.

Mencuci rambut dengan shampoo terlalu sering dapat membuat rambut anda kering, kehilangan minyak alaminya dan dapat merusak rambut anda. Jangan gunakan shampoo setiap hari setidaknya gunakan seminggu dua kali.

2. Gunakan shampoo yang tidak mengandung sulfate dan paraben.

Sulfat adalah bahan kimia yang mejadikan shampoo berbusa sedangkan Paraben adalah bahan tambahan yang dapat menyebabkan iritasi dan masalah mata jika digunakan dalam jangka watu yang lama. Kedua bahan kimia ini tidak bagus untuk kesehatan anda dan juga lingkungan hidup. Cobalah gunakan shampoo yang menggunakan bahan pembersih alami.

3. Memilih shampoo yang sesuai jenis rambut.

Jangan memilih shampoo hanya karena sudah terkenal, belilah samphoo yang komposisinya sesuai dengan jenis rambut kamu. Panduan memilih shampoo sesuai jenis rambut adalah sebagai berikut:

  • Untuk rambut keriting dan afro-textured dapat memilih shampoo yang bisa mengurangi ikal atau shampoo yang creamy dan mengandung minyak alami didalamnya.
  • Rambut lurus atau berminyak dapat menggunakan shampoo lembut yang didesain untuk keramas harian.
  • Coloured or treated hair probably needs a shampoo that’s fortified with extracts or amino acids, because treating your hair is essentially damaging it.
  • Rambut yang diwarnai atau telah di treatment mungkin membutuhkan shampoo yang telah ditambahkan ekstrak asam amino karena treatment yang dilakukan sangat mungkin merusak rambut.
  • Sedangkan untuk rambut kering kemungkinan membutuhkan shampoo yang mengandung glycerin dan collagen untuk membantu meningkatkan kelembaban rambut.

4. Hati-hati ketika menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung banyak protein

Protein yang terlalu banyak dapat menyebabkan rambut terasa kering dan mudah patah. Oleh karena protein merupakan bahan pembuat rambut makan gunakanlah kondisioner yang memiliki kandungan seimbang.

5. Bilas rambut dengan cuka apel sebulan sekali.

Khasiat cuka apel adalah membuat rambut terlihat lebih bercahaya dan bersih, selain itu cuka apel juga mencegah ketombe. Cara menggunakan cuka apel untuk merawat rambut adalah dengan mencampur satu bagian cuka apel dengan tiga bagian air hangat, kemudian bilaskan ke rambut dan selanjutnya keramas seperti biasa.

Cuka apel memiliki bau yang menyengat tetapi akan segera hilang setelah anda memakai shampoo.

cara memilih kondisioner
Professional treatment. Client is resting while her hair is being taken professional care.

Cara Memilih Condisioner untuk Rambut

1. Gunakan conditioner yang sesuai dengan tingkat kerusakan, panjang dan tipe rambut

Panduan umum untuk menggunakan conditioner adalah setiap saat kamu mencuci rambut dengan shampoo. Meskipun rambut sedang diwarnai atau ditreatment perlu diberi kondisioner.

2. Gunakan produk perawatan rambut seminggu sekali.

Jika rambutmu memiliki tekstur afro-hair, gunakan produk perawatan rambut setiap keramas. Gunakan produk perawatan rambut yang dapat dibeli di toko atau kamu bisa mencoba membuatnya sendiri dirumah.

Perawatan rambut intesif bagus untuk rambut, rambut menjadi lembut, sehat dan lembab. Bilaslah setelah 15-30 menit.

Penggunaan kondisioner sesuai jenis rambut:

  • Untuk rambut tipis: jika memiliki rambut tipis, gunakan treatment minyak botani sebelum menggunakan shampoo. Sebagai contoh kamu bisa menggunakan minyak lavender atau tea tree, oleskan di akar rambut sebelum memakai shampoo. Kemudian bilas shampoo dan gunakan kondisioner dari bagian tengah sampai ke ujung rambut. Diamkan selama sekitar satu menit sebelum dibilas.
  • Untuk rambut medium dan tebal, gunakan pelembab yang mengandung pelembab alami. Gukanan kondisioner yang ringan, oleskan keseluruh rambut dan biarkan selama 2-3 menit. Untuk rambut keriting diamkan selama 10-15 menit sebelum di bilas.

Cara Melembabkan Rambut Agar Tampak Indah

Gunakan lima jenis minyak untuk melembabkan rambut: minyak almond, castor, zaitun,kelapa dan lavender. Campur semua minyak tersebut masing-masing dalam takaran yang proporsional.

Alternatif lain adalah dengan menggunakan minyak telor. Gunakan di rambut dan biarkan selama empat jam sebelum keramas. Ulangi setiap seminggu dua kali.

cara mengeringkan rambut

Cara Mengeringkan Rambut setelah Keramas

1. Menyisir rambut dengan sisir bergigi lebar sebelum dikeringkan.

Rambut basah sangat rentan dan mudah patah, jadi jangan langsung disisir. Gunakan pelembut rambut tanpa bilas dan kemudian disisir dengan sisir lebar. Ini akan menghilangkan rambut yang kusut dan melembutkan rambut tanpa resiko rambut patah.

Alternatif lain, sisir rambut anda dengan menggunakan jari. Sisir rambut anda sedikit demi sedikit mulai dari ujung rambut sampai ke kulit kepala. Jangan menyisir rambut sekaligus dari kulit kepala sampai ke ujung rambut sebelum rambut yang kusut diluruskan.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Jerawat

Jika rambut anda keriting atau afro, pastikan rambut anda basah dan licin dengan menggunakan kondisioner sebelum mengurai yang kusut. Kemudian sisir rambut sedikit demi sedikit.

2. Mengerikan rambut dengan T-shirt atau kain microfibre.

Setelah keluar dari shower bungkus rambutmu dengan t-shirt katun. Handuk terbuat dari bahan fabric yang sangat kasar dan merusak rambut, menyebabkan kusut dan ujung rambut patah. Jika kamu terbiasa menggunakan handuk, coba mengganti handuk biasa dengan handuk yang dibuat dari kain microfibre. Handuk jenis ini lebih lembut untuk rambut.

3. Biarkan ramput kering secara alamai.

Mengeringkan rambut dengan udara adalah pilihan paling sehat. Memang akan membutuhkan waktu lebih lama untuk kering, tetapi hal ini dalam jangka panjang akan membuat rambut lebih sehat.

Jangan menggunakan blow-dryer jika gaya rambut yang dimau tidak membutuhkannya. Panas yang yang keluar dari hair-dryer dapat merusak rambut. Gunakan hair-dryer seperlunya saja.

Jika kamu keramas ketika mau tidur malam. Taruh rambut yang masih sedikit basah diatas bantal, rambut akan kering di pagi hari. Tetapi hal ini mungkin tidak berlaku untuk rambut yang tebal atau panjang.

4. Gunakan pengering rambut dengan panas medium, untuk menghasilkan tata rambut yang lembut.

Hair dryer diperlukan jika kamu ingin meluruskan rambut atau ingin segera mengeringkan rambut. Jika gaya rambutmu tidak membutuhkan pemanasan, pilih settingan hangat pada hair dryer. Memang rambut akan lebih lama keringnya tetapi angin hangat yang keluar tidak terlalu merusak rambutmu.

Selalu gunakan semprotan pelindung panas pada rambut sebelum melakukan blow rambut dengan hair dryer. Cairan ini akan melindungi rambutmu dari panas yang merusak.

Cara Menata Rambut Agar Tetap Terawat

cara menata rambut

Jangan menyisir rambut secara berlebihan

Menyisir rambut dengan sisir yang rapat akan menstimulasi follicles untuk tumbuh, tetapi menyisir rambut terlalu sering akan merusak lapisan rambut yang menyebabkan rambut kusut dan pecah di ujung.

Gunakan produk anti keriting seperlunya.

Serum anti keriting dapat digunakan dalam takaran kecil untuk mencegah rambut menjadi keriting. Gunakan dengan ukuran sebesar kacang dahulu dan tambahkan lagi jika dibutuhkan. Pastikan tidak menggunakannya secara berlebih karena dapat menyebabkan rambut kusam.

Seminggu sekali cuci keramas dengan shampoo bebas sulfat untuk menghilangkan bekas serum yang akan menyebabkan rambut menjadi kusam dan bersisik.

Demikian beberapa tips yang dapat dipakai ketika merawat rambut sehari-hari. Cara merawat rambut yang baik akan menghasilkan rambut yang sehat dan kuat.

0/5 (0 Reviews)

Facebook Comments

Disqus Comments

jatinecia1