Begini Bunda Cara Mengatasi Anak Susah Makan yang Paling Ampuh

cara mengatasi anak susah makan

Anak susah makan memang bikin pusing. Tentu saja bunda harus segera mencari cara mengatasi anak susah makan yang paling ampuh agar masalah ini tidak berlarut – larut.

Jika dibiarkan akan timbul masalah baru nantinya seperti masalah kekurangan gizi pada anak Anda yang susah makan, stunting bahkan keterlambatan pertumbuhan.

Kebanyakan kelompok anak 1 tahun susah makan walau juga terjadi pada anak usia 2 – 5 tahun. Masalah ini timbul juga dikarenakan oleh beberapa faktor.

Anda harus tahu faktor penyebabnya agar bisa secara cepat menangani masalah anak Anda yang susah makan dan bisa melakukan cara mengatasi anak susah makan yang tepat.

Penyebab Anak Susah Makan

Sebelum Anda mencari cara untuk mengatasi anak susah makan sebagai solusi atas masalah anak Anda, terlebih dahulu Anda harus tahu penyebab anak Anda susah makan. Beberapa faktor penyebabnya antara lain :

  • Tidak mendapat pengetahuan sejak kecil tentang pentingnya makan utamanya mengonsumsi makanan sehat
  • Sosialisasi orang tua yang kurang tentang pentingnya makan kepada anak
  • Bunda tidak tahu kesukaan anak terhadap makanan
  • Makanan yang didesain kurang menarik
  • Cita rasa yang tidak sesuai dengan selera anak
  • Sensitif terhadap rasa dan cita rasa makanan
  • Mengalami refluks gastroesofagus
  • Memiliki selera makan baru

Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Jika Anda tengah mencari solusi anak susah makan, di bawah ini kami berikan bagaimana cara mengatasi anak yang mengalami susah makan diantaranya :

Perhatikan pola makan anak Anda

Cara mengatasi anak susah makan yang pertama dapat Anda lakukan adalah dengan mengusahakan mengenalkan pola makan yang sehat kepada anak sejak anak mengenal makanan. Dengan begini Anda sekaligus bisa memberikan pelajaran tentang arti penting pola makan teratur pada anak Anda.

Kenalkan anak dengan makanan sehat

Mengenalkan anak dengan makanan sehat juga menjadi salah satu PR bunda. Anak tidak mungkin suka jika ia tidak mengenalnya. Karena itu ada baiknya sejak pertama kali bunda memberikan makanan kepada anak, kenalkan anak dengan makanan sehat agar ia selalu tahu apa saja makanan sehat yang disarankan untuk dikonsumsi dan ia bisa menerapkannya dalam kehidupan.

Variasikan menu makanan anak

Cara mengatasi anak yang susah makan adalah dengan bersikap kreatif dalam mengolah dan menyajikan makanan. Variasikan saja menu makanan anak Anda setiap harinya. Jika di hari senin Anda menyajikan makanan dengan kombinasi wortel dan daging, Anda bisa sajikan makanan dengan kombinasi kacang dan ayam di hari kedua. Lakukan secara teratur agar anak tidak mudah merasa bosan.

Bentuk makanan secara menarik

Anda bisa merekayasa tampilan makanan yang dihidangkan. Menampilkan makanan ala Korea dengan dibentuk boneka atau bentuk – bentuk lain yang unik sehingga merangsang anak untuk menyentuhnya juga menjadi ide cerdas yang dapat Anda terapkan.

Sajikan dalam porsi kecil

Anak biasanya memiliki selera makan yang berbeda dengan kita. Diantara berbagai pilihan makanan yang tersedia, tanyakan kepada anak ia ingin mengonsumsi makanan apa dan apakah dibarengkan satu dengan yang lainnya.

Jadi jangan hanya Anda terpaku memberikan porsi makanan lengkap yang terdiri dari nasi, lauk dan sayur. Jika memang anak Anda tidak suka dengan porsi lengkap ini, Anda bisa memberikannya secara bertahap.

Misalkan ketika sarapan Anda berikan makanan antara nasi dengan sayur, kemudian di waktu makan siang Anda berikan nasi dengan daging dan sebagainya.

Cara mengatasi anak susah makan yang bisa dilakukan selanjutnya adalah sajikan dalam porsi kecil agar anak mudah menghabiskan makanan tersebut.

Ganti suasana makan agar tidak membosankan

Seringkali anak 1 tahun susah makan bahkan banyak juga anak 2 tahun susah makan. Kebanyakan anak mengalami ini sampai usia 4 atau 5 tahun.

Jika anak Anda juga mengalaminya, solusi anak susah makan yang dapat diterapkan adalah dengan Anda ganti suasana makanan agar tidak membosankan.

Cari tahu apa yang menjadi kesukaan anak Anda atau hobi anak Anda kemudian ganti suasana makan sesuai dengan kesukaan anak Anda atau hobi anak Anda tersebut. Dengan begini anak Anda akan jadi lebih nyaman ketika makan.

Jika anak Anda mengalami masalah susah makan jangan bingung dulu bunda. Cara mengatasi anak susah makan diatas sangat disarankan untuk Anda lakukan.

Coba dan dapatkan hasilnya, dijamin ampuh untuk mengatasi masalah anak Anda yang susah makan.

Sending
User Review
0 (0 votes)
Tags: ,

Facebook Comments

Disqus Comments

jatinecia1