Kemunculan tempat wisata di Lembang yang baru memperkaya daftar rekomendasi lokasi liburan untuk warga Bandung maupun turis dari luar kota.

Lembang sudah lama dikenal sebagai salah satu kawasan wisata alam populer. Kemajuan di bidang pariwisata berkontribusi besar terhadap kelahiran objek-objek wisata anyar di Lembang.

Nah, buat Anda yang ingin menghabiskan waktu di sana bersama teman dan keluarga, di bawah ini ada 10 tempat liburan teranyar di Lembang yang wajib masuk daftar kunjungan.

1. Grafika Cikole

terminal wisata grafika cikole
Grafika Cikole – irinerainbow.blogspot.com

Sebelum berevolusi menjadi tempat wisata di Lembang yang baru, Grafika Cikole merupakan kawasan hutan pinus dengan medan yang lumayan menantang. Terutama kalau Anda datang di musim penghujan saat jalan tak beraspal menjadi becek dan licin.

Namun, kini Cikole menjadi kawasan wisata untuk macam-macam kegiatan. Sebut saja outbound, berkemah, hingga menyaksikan festival musik di tengah pepohonan pinus.

Anda juga tak akan sulit lagi menyusuri area Cikole, sebab di beberapa titik sudah disediakan jalur yang nyaman. Salah satu spot yang Instagramable adalah rumah-rumah Hobbit seperti di serial Lords of the Rings.

2. Benteng Pasir Ipis

benteng pasir ipis
Benteng Pasir Ipis – bisnisbandung.com

Benteng Pasir Ipis yang berlokasi di Kampung Pasir Ipis, Desa Jayagiri, adalah tempat wisata di Lembang yang baru berikutnya yang perlu Anda pertimbangkan.

Dibandingkan destinasi liburan lain, benteng sepanjang satu kilometer ini memang belum dikenal luas oleh wisatawan.

Akan tetapi, Anda yang menyukai wisata sejarah atau tertarik bereksplorasi, maka Benteng Pasir Ipis adalah pilihan yang tepat.

Baca Juga :   Menikmati Sejuknya Suasana di Hutan Pinus Limpakuwus Baturaden

Berdasarkan catatan sejarah, benteng peninggalan Belanda ini didirikan pada 1891 sampai 1930. Sayangnya, karena belum mendapatkan fasilitas memadai, Benteng Pasir Ipis masih diselumuti lumut dan tersembunyi dari pandangan publik.

3. Taman Bunga Begonia

taman bunga begonia lembang
sumber: dwijayantiw.wordpress.com

Selanjutnya, ada Taman Bunga Begonia sebagai tempat wisata keluarga di Bandung yang murah. Sesuai namanya, taman yang beralamat di Jalan Raya Maribaya Nomor 120 A ini menyuguhkan keindahan alam berupa kebun bunga warna-warni yang sangat memesona.

Aneka jenis bunga ditanam di Taman Bunga Begonia untuk menyemarakkan pemandangan. Maka bukan hal aneh juga kalau tempat wisata di Lembang yang baru ini digandrungi sebagai salah satu spot berfoto.

Namun, sebagai wisatawan, Anda tetap harus menjaga bunga-bunga di sini, ya. Jangan asal petik apalagi menginjaknya, karena bakal merusak lingkungan di area taman.

4. Taman Lembah Dewata

Tempat Wisata Lembang

Bosan dengan Situ Patengang atau malas antre masuknya? Ada satu objek wisata alternatif yang bisa Anda kunjungi: Taman Lembah Dewata.

Mengikuti namanya, destinasi wisata yang berlokasi tak jauh dari Tangkuban Parahu ini menawarkan panorama indah dari sebuah danau jernih.

Selain itu, danau yang berada di Taman Lembah Dewata dikelilingi perbukitan hijau yang sangat menyegarkan mata. Anda yang pengin melepas penat atau membutuhkan lokasi pemotretan untuk pre-wedding bisa datang ke tempat wisata di Lembang yang baru tersebut. Akses menuju Taman Lembah Dewata juga sangat mudah buat Anda tempuh.

5. Tebing Keraton

tebing keraton
Tebing Keraton

Siapa yang tak kenal tempat wisata di Bandung yang lagi hits ini? Tebing Keraton yang bertempat di Kampung Ciharegem, Ciburial tesebut menyajikan pemandangan alam yang memesona.

Khususnya saat matahari naik dari ufuk timur, salah satu view yang diburu para wisatawan di sana.

Baca Juga :   6 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Anda Kunjungi

Meski curam, Tebing Keraton selalu dipadati pengunjung yang pengin melihat langsung hutan pinus yang terbentang di bagian bawah. Siapa saja yang mendatangi tempat wisata di Lembang yang baru ini seakan enggan pergi.

Anda yang tak terjebak antrean panjang dan mendapatkan timing pas buat menyimak sunrise harus berangkat sejak subuh ke Tebing Keraton.

6. Rainbow Garden

rainbow garden lembang
Salah satu sudut Rainbow Garde

Beralamat di Jalan Grand Hotel Nomor 33 E, Rainbow Garden bukan sekadar taman berisi bunga-bunga cantik. Salah satu objek wisata yang terintegrasi dengan Floating Market ini didesain sebagai tempat buat menimba ilmu sekaligus foto-foto dengan latar yang Instagramable.

Apa saja yang bakal Anda dapatkan di tempat wisata di Lembang yang baru ini? Rainbow Garden menyediakan green house yang menjadi lokasi tumbuhnya bunga-bunga yang butuh perawatan khusus.

Pengunjung juga dapat mempelajari seputar perkebunan organik hingga belanja bunga-bunga menarik dan segar di Rainbow Garden.

7. Puncak Eurad

puncak eurad
Pemandangan dari Puncak Eurad

Tempat wisata di Bandung dan sekitarnya yang tak kalah memesona adalah Puncak Eurad. Objek wisata yang berada di perbatasan Lembang dan Subang ini sedang viral di media sosial karena pemandangannya yang memikat, terutama saat dilihat dari ketinggian.

Keunggulan lain yang ditawarkan Puncak Euard adalah akses menuju Gua Jepang. Anda yang selama ini mengaksesnya lewat hutan raya di Dago bisa memanfaatkan rute alternatif dari tempat wisata di Lembang yang baru tersebut. Untuk mengakses Puncak Euard, Anda bisa mengambil jalan yang mengarah ke Maribaya menuju Lembang-Subang.

8. Taman Miniatur Kereta Api

taman miniatur kereta api
Salah Satu Koleksi Miniatur Kereta Api

Kembali ke Floating Market, ada Taman Miniatur Kereta Api yang wajib Anda datangi saat berada di Lembang. Selain menjadi spot liburan, destinasi wisata ini dijadikan sebagai tempat edukasi anak-anak yang pengin mengenal kereta api.

Baca Juga :   Santosa Stable: Wisata Berkuda di Boja Semarang

Tempat wisata di Lembang yang baru ini didesain sedemikian rupa agar menyerupai stasiun kereta api. Sejumlah ornamen seperti miniatur kereta api beserta relnya, menara pengawas, terowongan, hingga gunung.

Anda juga bisa beli oleh-oleh Taman Miniatur Kereta Api sebagai kenang-kenangan. Sempatkan buat mampir ke sini saat pergi bersama anak, ya.

9. Arena Pemancingan Bonita

arena pemancingan bonita lembang
ilustrasi tempat pemancingan

Memancing tak selamanya identik dengan suasana membosankan. Sebuah tempat wisata yang menarik di Bandung yang bakal mengubah pandangan Anda tentang kegiatan tersebut, yakni Arena Pemancingan Bonita di Jalan Kolonel Matsuri, Kampung Keramat Nomor 2, Lembang.

Pemancingan seluas 1,3 hektare tersebut menyediakan berbagai fasilitas yang akan memuaskan hobi memancing Anda. Tak hanya itu, Anda dan keluarga dapat menikmati hasil tangkapan di saung bersama keluarga sambil di tengah alam yang menyejukkan. Tempat wisata di Lembang yang baru tersebut dilengkapi juga dengan fasilitas outbound.

10. Wisata Kuliner Tahu Susu Lembang

Tahu Susu Lembang
Tahu Susu Lembang

Jalan-jalan ke Lembang tak akan lengkap kalau belum menyantap kuliner khasnya, termasuk tahu susunya yang super enak. Berbeda dari tahu kebanyakan, tahu susu dari Lembang diracik dengan kedelai dan susu sapi segar yang menciptakan rasa gurih yang unik.

Perbedaan lain yang membuat tahu susu Lembang adalah produksinya yang bebas bahan kimia berbahaya seperti boraks atau formalin. Ada banyak tempat wisata di Lembang yang baru yang menjual tahu susu. Pusat produksinya sendiri beralamat di Jalan Raya Lembang Nomor 177. Anda bisa beli dengan harga terjangkau.

Itulah 10 tempat wisata kekinian di Lembang yang bisa Anda kunjungi. Nah, kalau Anda merasa informasi di atas layak diketahui lebih banyak orang, jangan lupa untuk membagikan artikelnya di media sosial, ya !